RUANG
TANPA BATAS
OLEH;
NUR HAYATUN, S.Pd
SMP
NEGERI 16 SINGKAWANG
Ruang
kelas?. Jika kita mendengar kata ini mungkin di benak kita menggambar sebuah
ruangan yang berukuran tidak terlalu besar dan terdapat sebuah papan tulis
putih di depan kelas, dan barisan – barisan bangku yang berjajar mengisi ruang
tersebut. Jika kalian berpikir seperti itu, kita sama. Hal tersebutlah dalam
benak dan alam bawah sadar saya mendeskripsikan tentang ruang kelas. Tetapi
sekarang dengan adanya program yang di cetuskan oleh kepala dinas kota
singkawang yaitu Sekolah dan Ruang kelas
menyenangkan dan mengikuti beberapa workshop dan IHT (in House Training )
mengenai program tersebut, gambaran tetang ruang kelas yang saya pikirkan
dahulu mulai berubah. Menurut saya kelas menyenangkan adalah tempat dimana
siswa – siswi belajar dengan suasana yang nyaman dan kondusif untuk mereka
menimba ilmu tanpa batas, dan mereka dapat bereksplorasi dengan pengetahuan
yang mereka terima ditunjang dengan adanya fasiltas – fasiltas yang ada diruang
kelas tersebut.
Dengan
menciptakan admosfer kelas yang menyenangkan bagi peserta didik tentunya wajib
bagi kepala sekolah, guru, warga sekolah, paguyuban orang tua, serta seluruh
warga yang terlibat dan ikut adil dalam kemajuan pendidikan diwilayah sekitar
dan pendidikan indonesia pada umunya untuk mewujudkan kelas yang menyenangkan
bagi siswa - siswi. Hal ini yang menjadi motivasi terbesar bagi saya sebagai
wali kelas untuk merealisasikan kelas yang menyenangkan dan menciptakan ruang
kelas yang berzona hijau bagi peserta didik dalam belajar disetiap harinya.
Zona hijau yang dimaksud adalah zona aman bagi siswa – siswi dalam belajar,
aman dari berbagai hal, Contohnya peserta didik merasa aman dan tanpa rasa
takut dari ancaman dan segala bentuk
penindasan atau bullying, aman dari segal sumber penyakit dan virus, dan nyaman bagi mereka untuk
mengeskpresikan dari dengan bakat – bakat yang ia punya.
Langkah
– langkah yang dilakukan dalam mewujudkan
kelas yang menyenangkan adalah, pertama – tama saya lakukan diskusi
bersama siswa – siswi dikelas yang saya ampuh tepatnya kelas IX B SMP Negeri 16
Singkawang perihal kelas seperti apa yang mereka ingin. saya libat siswa -
siswi dalam pemilihan tema kelas dan suasana apa yang inginkan. Hal ini saya lakukan karena mereka yang menempati
ruang kelas tersebut sehingga harapan saya mereka dapat lebih nyaman berada
dalam kelas, tentunya dapat menumbuhkan rasa memiliki dan tanggung jawab dalam
memilihara kebersihan kelas. Setelah tema dan warna kelas ditentukan, saya
berfikir dengan keterbatasan tenaga yang dimiliki untuk mewujudkan kelas yang
menyenagkan, saya mengajak orang tua
peserta didik yang terbentuk dalam paguyuban kelas untuk terlibat dalam
meralisasikan hasil diskusi kami tersebut dan banyak dari orang tua siswa
setuju dan memberikan apresiasi yang tinggi dengan ide tersebut sehingga hasil
diskusi saya dan peserta didik dapat terealisasikan dengan bantuan paguyuban
kelas tentunya.
Kelas
IX B di SMP Negeri 16 Singkawang terletak di posisi bagian belakang sekolah
sehingga meyebabkan kontrolisasi dalam pemeliharan ruang kelas agak terabaikan.
Terdapat banyak coretan – coretan didinding, dan sedikitnya pesan – pesan
pembelajaran yang dapat menimbulkan motivasi siwa dalam memilhara ruang kelas
tersebut. Hal ini yang menyebabkan kami sepakat untuk mengecat ulang ruangan
kelas dengan persetujuan kepala sekolah tentunya, pemilihan warna kelas sengaja
kami pilih dengan warna yang cerah yaitu warna kuning dan biru yang dapat
membuat ruangan kelas sedikit lebih terang, karena posisi gedung yang
meyebabkan cahaya matahari terhalang masuk keruang kelas sehingga meyebabkan
kelas IX B sedikit lebih gelap. Setelah di cat ulang, kami hias ruangan IX B
dengan hasil karya siswa berupa poster – poster pendidikan yang dapat menunjang
suasana belajar. Tidak lupa pula kami membuat zona hijau di pekarangan kelas
dengan menanam pohon dan membuat taman mini yang terdiri dari bunga – bunga.
Didepan kelas kami sediakan tempat cuci tangan dan handsainitaizer supaya siswa
– siswi terhindar dari penyakit yang menular atau virus yang sedang mewabah
yaitu virus Covid – 19.
Dalam
kegiatan meciptakan kelas menyenangkan tentulah terdapat suka duka yang tidak
dapat terlupakan tentunya. Proses dalam mewujudkan program tersebut mennjadi
pnegalam berharga bagi saya untuk menjadi lebih baik. Dengan adanya kegiatan
ini saya dapat lebih mengenal lebih dalam peserta didik saya sehinga dalam
proses membina karakter menjadi lebih mudah dan saya dapat kenal baik orang tua
mereka sehingga proses pengontrolan dalam hal belajar dapat bekerja sama denga
orang tua siswa. Degan adanya program ini pula siswa lebih nyaman berada
didalam kelas meski masih terdapat banyak kendala – kendala yang
dialami, contohya ada beberapa siswa yang belum memiliki rasa menajaga dan
cendrung merusak barang yang didalam kelas hal ini saya angap proses pembetukan
karakter mereka dan saya percaya dan yakin dengan adanya program ini dapat
membuat suasana kondusif didalam kelas sehingga siswa dapat belajar dengan baik
tanpa adanya tekanan dan ancaman dari dalam maupun luar kelas. saya harap
dengan adanya menciptakan zona hijau bagi peserta didik ini dapat menjadi zona
ternyaman bagi siswa – siswi dalam nuntut ilmu dan mengesplorasi kemampuan
diri, zona yang jauh dari ancaman fisik atau pun non fisik atau bullying. Zona
yang netral tidak membedakan Ras, suku dan agama dan zona yang jauh dari sumber
penyakit yang menular yang sedang kita alami sekarang.
Program
kelas menyenangkan ini merupakan program yang sangat baik buat perubahan di era
sekarang ini, dan saya sudah cukup puas dengan adanya perubahan yang saya
lakukan terhadap kelas yang saya ampuh dibandingkan kelas sebelumnya. Meski
masih banyak kekuranagan dan masih banyak yang harus saya benahi, akan saya
lakukan secara bertahap dan berperoses. Saya sangat berharap dengan adanya
kelas menyenangkan, siswa lebih dapat meningkatkan ilmu pengetahuan dan bakat
mereka masing – masing tanpa melupakan adat istiadat dan budaya setempat dan
memiliki karakter yang baik dapat tercermin dalam profil pelajar pancasila
sesuai dengan kurikulum yang berlaku saat ini. Tidak hanya itu saya berharap
ruangan kelas bukan menjadi batasan buat kita untuk belajar lebih baik lagi dan
zona hijau tidak berlaku hanya di kelas dan lingkungan sekolah tetapi zona
hijau tersebut dapat berlaku di lingkungan keluarga dan lingkungan masyarakat.
Jika itu dapat terealiasi saya yakin kelas menyenangkan yang saya maksud dalam
tulisan ini adalah kelas yang menyenangkan tanpa batas dimana peserta didik
dapat berkembang dan meningkat kualitas pendidikannya bukan hanya sebatas
diruang kelas dan lingkungan sekolah tetapi di lingkungan keluarga dan
masyarakat sehingga dapat memningkatkan kualitas hidup mereka di kehidupan
nyata nantinya.
0 comments:
Post a Comment